Mengenai Saya

Foto saya
Donza merupakan mahasiswa D3 eknik TelekomunikasicIT Telkom yang mempunyai hobi dibidang seni

Jumat, 13 Maret 2009

Apa itu desain ??

Apa itu desain grafis??

Mungkin itu sering terlintas dipikiran kita,khususnya seorang pemula yang ingin belajar desain grafis. Sebelum kita membuat atau belajar desain grafis,tentunya kita harus tau terlebih dahulu,apa itu desain grafis. Dalam blog ini saya akan coba membantu untuk mendefinisikan apa itu desain grafis berdasarkan sumber-sumber yang ada serta berdasarkan pengalaman saya dalam desain grafis (padahal gue juga masih belajar..ha..ha..).


Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin,dan dimana dalam desain tersebut terdapat nilai-nilai seni yang dapat menambah informasi yang disampaikan menjadi lebih menarik.

Berikut ini ada beberapa pengertian desain grafis deri beberapa tokoh yang saya kutip dari situs http://id.wikipedia.org/ :

Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai " aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri". Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Sedangkan Jessica Helfand dalam situs www.aiga.com mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Warren dan Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Kalo kita liat dari pengertiannya,desain grafis tu ribet banget ya...
upzz tapi jangan salah,belajar desain tu nggak seribet pengertiannya,asalkan kita bener-bener serius belajar kita pasti bisa...semangat!!!!

1 komentar: